R.A.B Konstruksi

Kualitas dan Kuantitas sebuah bangunan sangat dipengaruhi oleh Rencana Anggaran Biaya konstruksi. Semakin tinggi satuan harga yang ditetapkan dalam menghitung RAB maka semakin berkurang kuantitas bangunan yang akan diperoleh. 

menaikkan harga pada satuan harga bahan dan upah akan memperbesar jumlah harga per pekerjaan konstruksi yang berakibat pada berkurangnya item pekerjaan misalnya berkurangnya struktur tertentu yang mana sebelum menaikkan harga jumlah pekerjaan struktur dapat mencapai jumlah tertentu dan juga pekerjaan non struktur seperti dinding bangunan. setelah menaikkan harga satuan dapat mengakibatkan pekerjaan non struktur ditiadakan sehingga jumlah pekerjaan atau kuantitas bangunan berkurang. 

Jadi yang tepat adalah menetapkan satuan harga dan jumlah satuan material per pekerjaan bangunan atau konstruksi harus berdasarkan standar nasional industri atau standar SNI

Kualitas hasil pekerjaan bangunan atau konstruksi tidak dipengaruhi oleh pemberian bahan yang berlebihan. Justeru keadaan atau tindakan tersebut dapat merugikan bangunan tersebut sebab dapat terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya bangunan dapat runtuh atau ambruk. 

Karena kualitas bangunan atau kekuatan perencanaan konstruksi dapat dicapai dengan porsi antara besi dalam hal ini diameter dan jumlah besi tertentu serta perbandingan antara jumlah campuran atau core pada suatu strukturlah yang menentukan kekuatan dan kelenturan bangunan atau konstruksi. 

Untuk mengetahui berapa kekuatan daya dukung suatu struktur dapat diuji dengan rumur-rumus perencanaan kekuatan dan seterusnya, dari rumus tersebut dapat diketahui berapa jumlah besi serta diameter dan jarak antar besi pada struktur dan juga campuran core beton yang mengikat besi tersebut harus dihitung volumenya dalam struktur bangunan. 

Tabel : Jumlah Material Per Komponen Pekerjaan

No. Uraian Koefisien Satuan Volume Juml Material
I Pekerjaan Pondasi        
1 Pondasi batu kali 1PC:3 PS   M3 32,30  
 

Batu Bela 

Semen PC

Pasir Pasang

Pembantu Tkg

Tukang batu

1,10

4,04

0,49

1,50

0,60

 M3

Sak

M3

org

org

 

32,30

32,30

32,30

32,30

32,30

 

35,53

130,49

15,67

48,45

19,38

2 Pondssi batu kali 1PC:4 PS   M3    
3 Pondasi batu kali 1PC:5 PS     M3